Tak perlu mengalami kegagalan kalau mau belajar walau peluang gagal tetap ada dalam berbisnis. Caranya, belajar, apakah di bangku kuliah atau di YouTube, GRATIS. Gambar: unsplash.com/@alexbemore

Lima Kanal YouTube Pebisnis Sukses Yang Ilmunya Dapat Wargi “Pakai”

0 Shares
0
0
0

Sapopoé – Katanya, “kegagalan adalah guru”, namun saya pernah mendapat insight, sejatinya, “Kuliah SBM lebih murah ketimbang gagal berbisnis, terutama jika gagalnya di atas 50 juta rupiah”. Bisnis memang soal keberanian mengambil resiko, namun sejatinya bisnis bukan mencari resiko, tapi mencari untung bukan? Karena itu, mari kita kuliah, lho?

Namun, jika Wargi tidak cocok dengan metode kuliah di kelas, digital membuka membuka peluang bagi kita mengakses ilmu secara “gratis” (modal kuota). Termasuk di dalamnya, belajar bisnis. Apapun motif berbisnis Wargi, tetap perlu ilmu dan lebih bagus lagi memiliki mentor. Berikut, saya sajikan lima kanal YouTube pilihan milik para praktisi bisnis di Indonesia. Kita dapat belajat bagaimana mindset berbisnis, etika berbisnis, juga bagaimana menyikapi kegagalan jika terlanjur gagal.

1. Tung Desem Waringin

Ia adalah pebisnis properti sukses yang juga gemar membagikan ilmunya, tertutama ilmu marketing. Bila Wargi pernah mendengar berita “hujan uang” yang berasal dari helikopter, itu adalah salah satu teknik marketing yang ia lakukan dalam rangka memperkenalkan salah satu bukunya, “Marketing Revolution

Di kanal YouTube-nya, Wargi dapat menemukan ilmu-ilmu bisnis yang ia bagikan secara khusus untuk konten YouTubenya ataupun ketika ia mengisi di berbagai acara. Tentu bukan hanya soal marketing, namun juga termasuk di dalamnya cara memanejemen diri, salah satunya mengatasi stres dan mengontrol emosi, tetap harmonis dengan keluarga, juga termasuk cara diterima menjadi karyawan.

2. Jaya Setiabudi

Jaya Setiabudi merupakan founder dari salah satu komunitas pebisnis YukBisnis. Dengan nama yang sama, ia juga membuat platform toko daring. Salah satu buku yang ternama yang ia buat ialah “The Power of Kepepet“. Jaya Setiabudi atau yang juga masyhur dipanggil “Mas J” menurut saya, cocok bagi Wargi yang memperhatikan perpektif Islam dalam berbisnis.

Wargi dapat menemukan dalam beberapa kontennya, Mas Jey banyak membagikan ajara-ajaran bisnis dengan landasan dan prinsip-prinsip “syar’i”. Anti riba dan sangat memperhatikan soal keberkahan bukan hanya soal bagaimana mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya.

Di kanal YouTube-nya, wargi dapat menemukan soal prinsip-prinsip bisnis yang benar, formula berbisnis, hingga teknik copywriting. Gaya bicaranya yang “nyeplos” membuat apa yang ia sampaikan lebih mudah saya cerna.

3. Rico Huang

Rico Huang, pengusaha kelahiran 1995 berbasis daring. Ia mulai merintis perjalanan berbisnisnya sejak SMA dan di tengah perjalanan, ia sempat mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah. Pengalaman ini membuatnya berpaling pada bisnis online dengan membuka toko onling (daring). Dengan kegigihannya, dalam usianya yang masih under 30 ia berhasil menjadi milarder, salah satunya lewat DropshipAja.com.

Kisahnya, dapat wargi saksikan di kanal YouTube-nya/ Wargi dapat belajar dari kegagalan-kegagalan yang pernah Rico lalui dan belajar bagaimana ia menyikapi kegagalannya dan kemudian berhasil keluar dari kubangan. Selain itu, Rico juga mewawancarai banyak pebisnis lain yang menurutnya, pengalamannya, layak untuk kita jadikan pelajaran juga. Tak ketinggalan, ia juga membagikan tips-tips praktis yang dapat Wargi langsung praktikkan.

4. Denny Santoso

Denny Santoso ialah salah satu pelaku digital marketing di kala belum populer. Berbekal pengalamannya menjual produk suplemen untuk para body builder, Denny membagikan ilmunya dalam banyak forum, termasuk kini dalam kanal YouTube-nya. Terungkap dalam salah podcast-nya, ia belajar ilmu marketing langsung ke Amerika Serikat.

Di kanal YouTube-nya, wargi dapat menemukan mulai dari konsep hingga praktis bagaimana membangun bisnis digital. Ilmu yang dibagikan sangat teknis dan praktis, dengan mengikuti setiap langkah-nya, saya yakin, Wargi dapat langsung mempraktikannya. Mulai dari ilmu mendasar, hingga cara memperoleh omset satu triliun rupiah dalam setahun.

5. Dewa Eka Prayoga

Kang Dewa yang juga dikenal dengan “Dewa Selling” mendeskripsikan dirinya sebagai Business Owner, Best Selling Author 23 buku, dan satu-satunya juara kontes affiliate marketing hingga 29 kali berturut-turut. Sandungan dalam perjalanan bisnisnya membawa Dewa pada kerugian bernilai miliaran rupiah. Kebangkitannya dari kebangkrutan hingga penghasilan hingga ratusan juta perbulan bermula dari penjualan salah satu bukunya, “7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula”.

Bisnisnya terus berkembang hingga kini ia memiliki sekitar 43 bisnis. Mulai dari produk berupa buku, e-course, kosmetik, hijab, digital product, bahkan properti. Perjalanan dan pengalaman bisnisnya, ia bagikan dalam kanal YouTube-nya “Dewa Eka Prayoga”. Wargi dapat menemukan berbagai pelajaran yang ia dapatkan, termasuk cara-cara praktis yang “halal di-copy-paste”.

Selain terkenal dengan teknik-teknik berbisnisnya yang mudah diaplikasikan, ia juga getol berbagi perpektif islaminya. Jangan heran, Wargi akan menemukan pembahasan-pemabahasan konsep-konsep Islam di antara jajaran kontennya, termasuk salah satunya soal “anti riba”.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like