YouTube iming-imingi para kreator dengan $ 100 Juta agar meramaikan “Shorts”. Gambar: unsplash.com/@giorgiotrovato

YouTube Iming-imingi $ 100 Juta Bagi Kreator ‘Shorts’

0 Shares
0
0
0
sapopoé – Beroperasi selama lima bulan, YouTube Shorts menawarkan “YouTube Shorts Fund”, yakni bayaran sejumlah $100 Juta yang akan dibagikan pada para kreator Shorts selama 2021-2022 . Dengan ini, Wargi Kreatif kini berpeluang mendapatkan 10 sumber penghasilan dari YouTube.
“Setiap bulan, kami akan menjangkau ribuan pembuat konten yang ‘Shorts’-nya menperoleh angka keterlibatan (engagement) dan jumlah penayangan terbanyabanyak dan memberikan penghargaan atas kontribusi mereka,” terang pihak YouTube. “Kami juga akan meminta para kreator memberikan masukan pada kami agar kami dapat terus meningkatkan pengalaman produk.”
Yang berpeluang mendapatkannya bukan saja mereka yang termasuk dalam YouTube Partners Program. Siapapun berpeluang asalkan memposting konten original dan tidak melanggar “Panduan Komunitas” (Community Guidelines). YouTube menjanjikan jika pendanaan (fund) yang mereka tawarkan kali ini baru tahap awal dari model monetasi yang mereka tawarkan bagi para kreator shorts.

“Shorts”

YouTube Shorts ialah platform berbagi video yang mirip dengan TikTok, setelah sebelumnya instagram hadir dengan ‘Rells’-nya. Sejak diperkenalkan pada publik, yakni pada Maret 2021, tercatat, YouTube Shorts telah mencapai 6.5 miliar views perhari secara global.
YouTube Shorts berdurasi hanya 60 detik memperkenalkan diri pada publik sebagai “Sebuah pengalaman video pendek bagi para kreator dan artis yang hendak merekam dalam durasi yang singkat dan menarik dengan hanya menggunakan ponsel”.
Untuk mendukung para kreator, pihak YouTube telah menyediakan jutaan musik dari 250 label dan publiser, termasuk Universal Music Group, Sony Music Entertainment and Publishing, Warner Music Group and Warner Chappell Music, Believe, Merlin, 300 Entertainment, Kobalt, Beggars, CD Baby, Empire, Peer, Reservoir, OneRPM and more.
Selengkapnya soal “Shorts” dapat wargi saksikan pada tayangan berikut ini.

10 Sumber Penghasilan Kreator

Bila Wargi Kreatif mengira sumber penghasilan kreator hanya dari ADS, berarti wargi perlu membaca artikel ini hingga akhir. Selain program “Fund” yang saya perkenalkan di atas, ada potensi sumber penghasilan lainnya yang dapat Wargi Kretif optimalkan.
Dengan hadirnya program ini, artinya YouTube membuka sepuluh peluang sumber pendapatan bagi para kreator. “Kami meletakkan dasar bagi ekonomi kreator modern ini lebih dari 14 tahun yang lalu ketika kami meluncurkan Program Partner YouTube (YPP) — model bisnis pertama yang berbagi sebagian besar pendapatan yang dihasilkan di platform dengan para kreator” terang pihak YouTube.
10 sumber penghasilan tersebut ialah ads, premium (YouTube Premium), Super Chat, Super Stickers, Super Thanks, Membership, Merch, Ticketing, BrandConnect, dan yang terbaru, Funds. Untuk ads maupun Premium, saya perhatikan sudah umum orang mengetahuinya. Namun, apakah Wargi Kreatif sudah tahu yang lainnya?
Channel Membership
Dengan fitur ini, Wargi dapat menawarkan konten ekslusif pada para penonton setia Wargi Kreatif. Wargi dapat menawarkan harga yang dapat Wargi tentukan sendiri. Berbeda dengan YouTube Premium yang dikelola oleh pihak YouTube.
Super Chat
Pihak YouTube menempatkan fitur ini pada livestreams dan Premiers. Merupakan pesan berbayar dari para fans. Fans yang mau pesannya muncul “stand out” dari ribuan bahkan jutaan fans, ia dapat melakukannya dengan membayar pada pihak YouTube.
Super Thanks
Ialah sebentuk komentar yang juga “stand out” namun pada kolom video yang yang diunggah.
Super Stickers
Ialah semacam stickers yang disediakan oleh pihak YouTube bagi para fans sehingga mereka dapat terlihat oleh Wargi Kreatif selama livestreams dan Premiers.
Merchandise
Bagi Wargi Kreatif yang menyediakan cinderamata bagi para fans-nya, Anda dapat memajangnya tepat di sebelah kanan jendela tayangan di YouTube. Pihak YouTube telah bekerjasama dengan 30 retailer secara global.
Ticketing
Bagi para Wargi Kreatif bidang musik, fitur ini dapat menjadi andalan. Misal, ketika hendak launching karya terbaru atau ketika hendak menggelar konser daring. Para fans dapat membeli tiket dari penyedia tiket daring yang menjadi partner pihak YouTube.
YouTube Brand Connect
Fitur ini sebelumnya diperkenalkan dengan “FameBit”. Berbeda dengan fitur sebelumnya yang menyasar para fans, fitur kali ini menyasar para pemilik Brand. Fitur ini bekerja dengan cara menghubungkan pemilik brand dengan para kreator yang tepat dengan nilai yang satu brand usung. “Collaborate with creators to tell your storry“.
0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like