Fitur media gambar dan video “sekali lihat”. Sumber: WhatsApp

Terima Pesan WhatsApp Layaknya Ethan Hunt, “Sekali Lihat” dan Hilang

0 Shares
0
0
0
Sapopoé – Dalam rangka meningkatkan perlindungan privasi pengguna, WhatsApp merilis fitur “Sekali Lihat”. Sebagai penerima, kita harus segera merespon karena pesan akan “hilang seketika”. Layaknya pesan yang diterima agen Ethan Hunt.
“Mengambil foto atau video menggunakan telepon telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita. Akan tetapi, tidak semua hal yang kita bagikan perlu menjadi jejak digital yang permanen,” kata pihak WhatsApp dalam blog resminya, Selasa (3/8/2021).

Kemudian, pada media tersebut, kita juga akan melihat ikon “sekali lihat”. Setelah media (foto/video) dibaca, pesan media tersebut akan menampilkan status “dibuka”. Sepemantauan saya, foto atau video yang sudah dibuka juga tidak tersimpan di memori internal ponsel kita. Benar-benar hilang.

Fitur tersebut mengingatkan saya pada setiap saat Ethan Hunt (Tom Cruise) menerima pesan untuk misi selanjutnya di film Mission Impossible. Setiap pesan tersebut selesai dibaca atau tersampaikan, pesan tersebut hangus atau hilang dengan sendirinya.

Pesan yang diterima Ethan Hunt kala sudah tersampaikan. GIPHY
Itu juga berarti, Wargi (Warga Digital) tidak dapat meneruskan pesan tersebut pada orang lain, tidak bisa menyimpan, dan memberi bintang. Sebagai pengirim pesan, Wargi hanya dapat melihat apakah penerima telah membuka foto atau video “sekali lihat” jika mereka menyalakan “laporan dibaca”.
Jika Wargi tidak membuka foto atau video yang diterima dalam rentang 14 hari, pesan akan kedaluwarsa dari chat. Kemudian, media “sekali lihat” dapat dipulihkan dari cadangan jika pesan belum dibuka pada saat pencadangan belum dilakukan. Jika foto atau video sudah dibuka, media tersebut tidak akan disertakan dalam cadangan dan tidak dapat dipulihkan.
Fitur ini dapat digunakan untuk mengirimkan foto atau video yang membutuhkan reaksi spontan. Misal, ketika kita membutuhkan pendapat dari sahabat soal pakaian yang sedang kita pilih di Toko atau meminta kondirmasi kebenaran informasi. Bisa juga untuk mengirim informasi sensitif, seperti kata sandi WiFi.
Pihak WhatsApp juga mempertegas jika fitur ini juga dilindungi oleh teknologi enkripsiend-to-end“. Artinya, pihak WhatsApp, tidak dapat melihat isi pesan yang kita kirimkan.

Catatan Lain

Pastikan Wargi mengirimK foto atau video sekali lihat hanya kepada pengguna yang Wargi percayai. Seseorang mungkin saja akan, misalnya:
    • Mengambil tangkapan atau rekaman layar sebelum media tersebut hilang. Wargi tidak akan diberi tahu jika seseorang mengambil tangkapan atau rekaman layar.
    • Mengambil foto atau video media dengan kamera atau perangkat lain sebelum media tersebut hilang.
Media terenkripsi mungkin disimpan di server WhatsApp selama beberapa minggu setelah Wargi mengirimkannya. Kemudian, jika penerima memilih untuk melaporkan media sekali lihat, media tersebut akan diberikan kepada WhatsApp.
0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like