Kata-kata hinaan yang mungkin muncul pada saat LIVE streaming di TikTok kini dapat kita filter dengan Keyword Filter. gambar: newsroom.tiktok.com

Keyword Filter; Fitur Baru LIVE TikTok Yang Cegah Komentar Hinaan

0 Shares
0
0
0
Sapopoé – Informasi tersebut terungkap dari keterangan tertulis TikTok yang memperkenalkan fitur-fitur terbaru LIVE TikTok. Pada daftar fitur terbaru ini, saya menemukan tiga fitur yang menjadi upaya TikTok menghadirkan pengalaman berkreasi atau tampil di LIVE streaming dengan lebih sehat. Salah satunya, “Keyword Filters”.
Fitur ini memungkinkan Wargi Kreatif untuk memfilter kemungkinan kata-kata yang tidak diinginkan muncul. Intinya, fitur ini merupakan upaya dari pihak TikTok dari kemungkinan munculnya gangguan berupa cacian atau komentar bernada kebencian yang mungkin muncul.
“LIVE memberikan kesempatan pada para kreator berbagi lebih banyak tentang diri mereka dengan komunitas TikTok,” terang pihak TikTok dalam keterangan tertulisnya tertanggal 27 Juli 2021. “Tujuan kami adalah membantu orang merasa nyaman melakukannya, yang berarti mengambil sikap keras terhadap intimidasi atau komentar kebencian.”
Wargi Kreatif sebagai host dapat mematikan kolom komentar atau memasukkan maksimal 200 kata kunci yang diperkirakan muncul. Host ataupun moderator dapat memasukkan kata-kata kunci ini tersebut, bahkan ketika live streaming berlangsung.
Dua lainnya ialah “Help for Host” dan dari sisi penonton, “Consider Before You Comment”.

Help for Hosts

Agar Wargi Kreatif dapat tetap fokus dengan pertunjukan atau sebagai Host, Wargi dapat meminta bantuan kawan dengan akunnya mengatur proses berjalannya LIVE Streaming alias menjadi moderator. Caranya dengan “tap setting” yang berada di sisi kanan layar tampilan Livestream. Lewat fitur ini, Wargi sebagai host maupun moderator dapat mematikan suara (mute) atau mem-block pengguna, sementara Anda melakukan pertunjukan.

Consider Before You Comment

Agar Wargi Kreatif dapat fokus dengan penampilannya dan juga dalam rangka meminimalisasi komentar bernada hinaan atau negatif, TikTok hadirkan fitur ini. “Karena komentar negatif atau kasar melemahkan semangat dan energi pembuat konten pada penampilan LIVE stream mereka.” ujar pihak TikTok. “Pemirsa sekarang akan diminta untuk mempertimbangkan kembali dampak dari kata-kata mereka sebelum memposting komentar yang berpotensi tidak baik atau berbahaya.
Untuk pengalaman LIVE Streaming yang lebih makin terhubung, bagi para Wargi Kreatif, TikTok juga menyertakan lima fitur lainnya. “Picture-in-picture, Go LIVE Together, LIVE Q&A, dan Top LIVEs”.

LIVE Events

Fitur ini dapat membantu Wargi Kreatif mengatur jadwal, mengendalikan, dan mempromosikan event Live Streaming. Ketika jadwal sudah diatur, para fans dapat menemukan event yang Anda selenggarakan, mendapatkan notifikasi, dan diingatkan jika momennya sudah dekat.
“LIVE Event merupakan cara yang baik bagi pembuat konten juga fans terhubung dengan mudah sebelum acara berlangsung. Dari musisi dan artis hingga organisasi nirlaba dan museum, kemungkinan untuk LIVE Event tidak terbatas,” ujar pihak TikTok dalam keterangan tertulisnya tertanggal 27 Juli 2021.

Picture-in-picture

Fitur ini memungkinkan para fans atau penonton dapat tetap menyaksikan, sementara ia harus membuka chat dari kawan atau kerabatnya yang tiba-tiba muncul di layar ponsel. “Alih-alih melewatkan satu detik streaming, penonton dapat terus menonton LIVE streaming di perangkat mereka dengan Picture-in-Picture di iOS dan Android,” terang TikTok

Go LIVE Together

Fitur ini memungkinkan bagi para kreator melakukan duet atau melakukan wawancara dengan narasumber. “Ini berarti lebih banyak peluang untuk interaksi yang mendorong LOL, dua kali lebih banyak yang terungkap di balik layar, dan lebih banyak cara untuk terhubung dengan pembuat konten top.”

LIVE Q&A

Fitur ini memungkinkan Wargi Kreatif berinteraksi secara langsung dengan para fans atau penonton secara umumnya. Para fans dapat mengirimkan pertanyaan secara tertulis yang kemudian dapat langsung terbaca di layar Wargi Kreatif. “Interaksi ini dapat meningkatkan pengalaman yang lebih menghibur, juga koneksi yang lebih dalam untuk semua orang yang menonton streaming.”

Top LIVEs

Sebagai penonton, Wargi dapat menemukan dan terhubung dengan LIVE streaming video melalui laman “For You” atau laman “Following“. Bagi Wargi Kreatif, beberapa kategori konten LIVE yang top, termasuk Chat (Q&A), Gaming, Pertunjukan Bakat, Fesyen, dan “Daily Life“, dan mereka yang memiliki akses ke LIVE Page, Top dan video Live Terekomendasi berpeluang lebih besar untuk muncul.
Menurut pihak TikTok, LIVE streaming kini menjadi cara yang integral bagi para fans terhubung dengan kreator dengan cara yang paling otentik. Setahun terakhir, jumlah pengguna yang menggunakan fitur LIVE maupun menontonnya, meningkat dua kali lipat. Melihat perkembangan tersebut, pihak TikTok memutuskan berinvestasi lebih banyak pada fitur tersebut.
0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like