Banyak media yang memberikan judul “Microsoft Excel” jadi esport. Nyatanya, Excel menjadi tools yang digunakan untuk “esport” berupa financial modeling. Gambar: unsplash.com/@mbaumi, logo excel: flaticon.com/authors/pixel-perfect

Excel Tidak Jadi Esport

0 Shares
0
0
0
sapopoé – “Bila Anda berpikir tabel Excel hanya untuk membuat bos Anda terkesan dengan data yang rapi, perhitungan, dan grafis, pikir dua kali,” ungkap Entrepreneur membuka artikelnya mengenai perhelatan ‘esport’ (menggunakan) Excel. Berbagai media memublikasikan jika Microsoft Excel kini menjadi salah satu cabang esport. Namun, menurut tweet dari Official Microsoft Excel, yang benar ialah Financial Modeling yang ‘menjadi esport’.

Menggunakan salah satu platform buatan Microsoft -smash.gg, penyelenggara Financial Modeling World Cup menghelat lomba Financial Modeling pada 8 Juni lalu dengan tema “Multiplayer Battle”. Anda dapat menyaksikannya lewat YouTube. Delapan orang dari delapan negara mempertandingkan kemampuan terbaik mereka untuk menyelesaikan satu studi kasus keuangan yang “kompleks”. Perhelatan ini merupakan salah satu rangkaian pertandingan.
Sumber: fmworldcup.com
Mengutip Invstopedia, “Financial Modeling” merupakan proses merangkum pengeluaran dan pemasukan perusahaan dalam bentuk spreadsheet. Perusahan akan menggunakan rangkuman tersebut untuk memperhitungkan kemungkinan dampak (resiko) di masa yang akan datang dari satu kegiatan (program) atau keputusan. Analis keuangan seringkali menggunakannya untuk mengantisipasi harga saham perusahaan.
Dalam FMEC ini para peserta akan mengirimkan jawaban dalam format Excel. Setiap partisipan akan mendapatkan akses ke file Financial Model di OneDrive FMWC. Partisipan hendaknya mempersiapkan perhitungan pada Financial Model yang ditugaskan pada mereka dan kemudian memberikan jawabannya pada ‘tab‘ pada file financial model (yang sudah partisipan dapatkan sebelumya).
Pihak penyelenggara menyediakan total hadiah mencapai $ 20,000 atau sekitar Rp 284,48 Juta bagi para pemenang yang akan diumumkan pada akhir musim. Ada dua belas stage (satu stage perbulan) yang harus diikuti oleh para peserta yang berakhir pada bulan Desember 2021. Pada setiap stage, penyelenggara akan memberikan dua hingga lima studi kasus. Jika Anda berminat mengikuti, Anda dapat mempelejarinya dari website fmworldcup.com.
Pertandingan ini bersifat terbuka bagi siapapun dan dari manapun karena berbasis daring. Anda dapat mengikutinya dengan uang pendaftaran $ 10 per-stage atau $ 85 permusim bagi Anda yang berusia di bawah 25 tahun dan $ 15 per-stage atau $ 125 permusim untuk kategori semua umur. Untuk sementara, peserta asal Amerika Serikat, Diarmuid Early. Dari lima stage, ia berhasil mengumpulkan total poin sementara 5375.

Hanya iklan?

Sebenarnya FMWC ialah pertandingan tahunan yang digagas oleh perusahaan Jasa Finansial milik perseorangan berbasis di Las Vegas. Penyelenggara mengadakan pertandingan ini dalam rangka mempromosikan “Financial Modeling” sebagai sarana edukasi, latihan, dan kompetisi. “Profesional industri terkemuka akan bersaing satu sama lain di sini, di Financial Modeling World Cup“.
Perhelatan daring seperti yang dihelat pada 8 Juni lalu, sebenarny bukan perhelatan pertama. 10 April lalu, pihak penyelenggara sudah mencobanya. Mereka mencoba menampilkan FMWC layaknya pertandingan esport. “Dapatkan Financial Modeling semenarik FIFA atau ‘Counter-Strike’ untuk ditonton? pekan lalu (April) kami mencoba menampilkannya secara streaming,” sebagaimana kami cuplik dari salah satu blog-nya.
Pertandingan tersebut berhasil memperoleh 9.314 kali ditonton (per 12 Juni 2021 pkl. 17.00 W.I.B.). Pertandingan dengan sponsor utama Microsoft dan AG Capital ini mengaku alami kendala teknis sehingga tayangan tidak berlangsung sebagaimana yang diharapkan.
Pada upaya keduanya (8 Juni lalu), nampaknya penyelenggara berhasil melakukan kampanye yang yang masif sehingga media di berbagai belahan dunia menangkapnya “Excel Menjadi E-sport”. Terbukti, rekaman streaming “battle 888” di kanal YouTube FMWC berhasil memperoleh 148.851 kali ditonton (12 Juni 2021 pkl. 17.14 W.I.B.).
“Siapa sangka, financial modeling bisa begitu menghibur,” kanal FMWC menulis pada kolom komentar. Namun, komentar paling atas (pertulisan ini dibuat), mengatakan jika tontonan ini justru kurang menghibur. “Ini membutuhkan cara yang lebih baik ketika menunjukkan apa yang dilakukan para pemain, komentar yang lebih atraktif juga diperlukan, terlalu membosankan bagi orang baru untuk menonton dan membutuhkan terlalu banyak waktu untuk memahami apa yang terjadi juga,” komentar akun Kuber Bajra Shakya.
Tentu ada kokmentar positif juga dan bahkan menyatakan ketertarikannya untuk mengikuti pertandingan ini. “Saya harus bergabung tahun depan, ini nampak menyenangkan,” ungkap akun John W. Juga komentar dari Mannuel M. Villarosa, “Software #Excel #Microsoft adalah program #LUAR BIASA! 🙌.
0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like