Selain konten joget-joget, di TIkTok, kita dapat menemuan konten edukasi juga kok, bahkan dari para profesional dan ahli dibidangnya, salah satunya soal kesehatan mental. Gambar: unsplash.com/@stefanopollio

Rekomendasi Akun TikTok Agar Sadar Kesehatan Mental

0 Shares
0
0
0
Sapopoé – Siapa bilang, TikTok hanya media sosial ‘joget-joget’ atau sekadar media sosial entertainment. Memang, TikTok menasbihkan dirinya sebagai media entertainment atau hiburan. Wajar, jika Anda akan lebih mudah menemukan konten hiburan di TikTok. Namun, kalau kita bilang semua kontennya hiburan, ternyata tidak juga. Jika kita jeli, kita dapat menemukan konten-konten yang juga dapat mengedukasi atau berbagi informasi. Salah satunya ialah soal kesehatan mental.
Namun, bukan berarti konten-konten yang mereka sajikan dapat menjadi pengganti terapi ya. Para terapis menggunakan platform hiburan ini agar dapat menggapi audiens yang lebih luas. Lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan fitur ‘search‘ dan mengetikkan #tiktokthrapist. Anda dapat menemukan para profesional terapis yang berbagi tips, video yang menghibur, dan tentunya memberi Anda sedikit dosis terapeutik.
Berikut ialah akun TikTok centang biru (verified) yang dapat Anda ikuti agar konten #FYP Anda tidak melulu ‘joget-joget’. Sayangnya, kami belum menemukan terapis yang berdomisili di Indonesia. Anda dapat merekomendasikannya pada kami jika Anda mengenal atau mengetahui terapis berdomisili di Indonesia.Mereka ialah para profesional yang dapat membantu Anda memahami aspek mental pada diri Anda dengan lebih baik.
  1. Dr. Julie Smith : @drjuliesmith (Pertanggal 21 Mei 2021, 2,8 juta followers)
Ia adalah seorang psiologis yang sering membagikan tema-tema seputar “kecemasan, depresi, narcisis, hubungan, tentang otak, sabotase diri sendiri, dan motivasi. . Ia merupakan terapis profesional dengan followers terbanyak saat ini. Analogi dan contoh-contoh yang ia paparkan dapat membantu Anda memahami fenomena-fenomena mental dalam diri Anda.
@drjuliesmith

👉 Mental Health Awareness Week. Please feel free to share you never know who it could help 🙏 #mentalhealthawareness #mentalhealthmatters

♬ original sound – Dr Julie Smith – Psychologist

  1. Lindsay Fleming, LPC: @lindsay.fleminglpc (449,1 ribu followers)

Lindsay merupakan konselor berlisensi profesional. Berbekal pengalamannya, ia banyak membagikan tips dan trik agar kita dapat memberikan perhatian pada attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD).
@lindsay.fleminglpc

@dr.kojosarfo has an amazing series going w/more on how ADHD impacts us! #heylinds #tiktokpartner #learnontiktok

♬ darling im a nightmare – KATHERINE

  1. Nadia Addesi, RSW : @evolveandbloom (3,1 juta followers)
Ia merupakan seorang psikoterapis sekaligus pekerja sosial teregistrasi. Di dalam akunnya, ia banyak membahas seputar depresi, kecemasan, kecemasan dalam bersosial, keluarga toxic, trauma masa kecil, hubungan (relationship), dan perilaku ‘menunda’. Di ‘dunia nyata’ ia menjalankan klinik kesehatan “Evolve adn Bloom” di Woodbridge, Ontario, Kanada. Ia berbagi di TikTok dengan tujuan dapat membantu mereka yang tidak mampu membayar terapi.
Ia banyak berbagi tips berbasis riset atau berdasarkan pengalaman pribadinya. Tujunnya membantuk mereka yang merasa kesepian sehingga mereka dapat melalui dan menghadapi masalah kesehatan mental mereka. Topik yang ia bahas melingkupi praktik “peduli pada diri sendiri”, seperti membangun koneksi sosial atau melakukan sesuatu yang membuatmu gembira.
@evolveandbloom

After years of being a therapist, I see this connection very often 🤍 #therapy #therapist #fyp #foryoupage #learnontiktok

♬ Pieces (Solo Piano Version) – Danilo Stankovic

  1. Micheline Maalouf, LMHC, NCC: @micheline.maalouf (1 juta followers)
Micheline merupakan terapis berlisensi ang berbasis di Orlando dengan spesialisasi kecemasan dan trauma kompleks. Ia membuat konten dengan topik tematik perbulannya sehingga kita dapat memahami berbagai isu. Beberapa topik yang ia buat meliputi bagaimana dapat “bernapas” dalam kecemasan, bagaimana dapat terlepas dari trauma, tips menghadapi kepanikan, pikiran yang menganggu, konflik dalam relationship, depresi, dan gangguan kecemasan secara umum.
  1. Melisa Shepard, MD: @doctorshephard_md (1,1 juta followers)
Melisa merupakan psikiatris yang banyak membahas topik seputar kesehatan mental secara umum, sex, body positivity, dan stigma kesehatan mental. Lewat akun TikToknya, dokter yang berbasis di Maryland, Amerika Serikat ini, kami dapati banyak berbagi dalam format menjawab pertanyaan dari para followers-nya. Di antara topik yang melis bahas ialah “apakah antidepresan dapat efektif? bagaimana menjadi orang yang perhatian, bagaimana berdamai dengan mimpi buruk, dan perbedaan antara ADD dan ADHD.
  1. Dr. Courtney Tracy, LCSW, PSyD: @the.truth.doctor (1,6 juta followers)
Dokter satu ini mengoperasikan pusat rehabilitasi obat terlarang dan treatmen kesehatan mental di Santa Barbara, Kalifornia, Amerika Serikat bernama “Good Heart Recovery”. Dalam akun TikTok-nya, kita akan menemukan Pekerja Sosial Klinik berlisensi ini mendiskusikan soal bagaimana jika keluarga kita, budaya, atau support system yang kita miliki tidak mendukung apa yang kita sukai, juga ketika kita memiliki pengalaman buruk saat melakukan terapi.
Ia juga aktif mengelola komunitas secara daring dengan keanggotaan gratis hingga berbayar. Komunitas ini bukan pengganti terapi, namun memberikan akses pada pembelajaran yang dapat membantu Anda, juga membuka peluang bagi Anda melkukan sesi prifat 1:1, menghadiri tanya-jawab secara LIVE, dan webinar edukasi lainnya. Mereka yang bergabung dengan komunitas ini dapat belajar bagaimana membangun mental yang lebih baik.
@the.truth.doctor

If I am not my thoughts, then who the f*** am I?! 🥴🥴🥴 #therapist #foryou #therapy #fyp #mentalhealthaction

♬ original sound – Bill Thompson

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like