“Zoom Fatigue” karena kurang gerak kini ada solusinya, ialah “Center Stage” , namun ia built in dalam iPad Pro 2021. Gambar: Apple Newsroom

“Center Stage”: Fitur iPad Pro 2021, Solusi Zoom Fatigue

0 Shares
0
0
0
sapopoé – Salah satu penyebab “zoom fatigue” ialah berkurangnya kegiatan fisik secara drastis. “Center Stage” pada iPad Pro 2021 merupakan jawaban atas permasalahan tersebut.
20 April lalu, Apple menggelar “Apple Event” yang mereka helat secara daring. Even tersebut juga dapat kita lihat di kanal YouTube Official Apple. Pada even tersebut, Apple menawarkan inovasi teranyar pada tujuh produk mereka. Mulai dari iPhone berwarna ungu, Air Tag, warna-warni Mac, bionic 12 Apple TV 4K, desain baru remot Apple TV, in app podcast subscription Podcast App, dan iPad Pro 2021.
Yang menarik perhatian kami, ialah salah satu fitur yang disematkan dalam iPad Pro. Mereka menamai fitur tersebut dengan “Center Stage”. Fitur ini berbasis sistem kamera yang mereka namai “The TrueDepth“. Sistem dibangun dengan pondasi kamera depan dengan resolusi 12MP Ultra Wide. “Kamera yang didesain khusus untuk iPad, untuk mendukung fitur ‘Center Stage’,” ujar pihak Apple pada Apple Newsroom.
Apple menanamkan fitur ini dalam rangka memberikan pengalaman baru melakukan panggilan video (video call). Dengan sistem berbasis AI bernama “TrueDepth” berpadu dengan prosesor M1, memungkinkan iPad mengenali penggunanya di antara berbagai objek dalam frame. Fitur ini menjaga pengguna tetap berada di tengah-tengah frame.
“Seiring dengan gerak pengguna, ‘Center Stage’ secara otomatis bergerak mengikutinya sehingga pengguna tetap tersorot kamera,” terang Apple. Kemudian, ketika ada pengguna lain yang bergabung, kamera akan mendeteksinya juga. Kamera akan secara otomatis Zoom Out menyesuaikan dengan keberadaan pengguna.
“Dengan begitu, apakah melakukan whiteboarding dengan rekan kerja atau menghadiri kumpul keluarga virtual, pengalaman terhubung akan kian erat dari sebelumnya,” pungkas Apple.

Jawaban salah satu penyebab “ZoomFatigue”

Peneliti sekaligus Profesor Komunikasi Stanford, Jeremy Bailenson, mengungkapkan dalam satu jurnal-nya, ia menemukan ada empat faktor yang menjadi penyebab “Zoom Fatigue”. Ialah terlalu banyak kontak mata dengan intensitas tinggi, efek bercermin efek “self view”, cara komunikasi yang tidak natural, dan aktivitas yang berkurang drastis.
Untuk faktor terakhir, Bailenson mengungkapkan, jika ukuran jendela (grid) yang terbatas membuat kita harus diam di tempat selama melakukan telekonferensi. “Berbeda dengan ketika kita melakukan telepon (biasa) yang hanya menggunakan audio, telekonferensi menuntut kita hadir secara visual,” kata Bailenson. Sementara, kita harus mempertahan diri agar tetap in frame.
Bailenson kemudian, menyarankan agar kita membuat setting yang sebisa mungkin membuat kita tetap bisa bergerak. Salah satunya soal penempatan kamera eksternal (jika menggunakan laptop).

Menurut kami, “Center Stage” merupakan teknologi yang memungkinkan kita melakukan panggilan video atau telekonferensi secara memadai. Itu karena, fitur ini memungkinkan kita melakukan panggilan video atau telekonferensi dengan lebih dinamis. Kamera yang dapat bergerak otomatis mengikuti pengguna, ditambah dengan dapat mengatur otomatis zoom-in – zoom-out.

Tidak ekslusif hanya untuk aplikasi “FaceTime”

Dalam keterangan pers yang Apple sampaikan, mereka tidak menyebutkan jika fitur “Center Stage” hanya dapat diakses dengan aplikasi “FaceTime”. Namun, menurut salah satu developer iOS, Federico Viticci, “Center Stage” dapat kita akses dengan aplikasi ketiga. Caranya dengan menggunakan “API Framework”. Artinya, teknologi “Center Stage” dapat kita gunakan pada Google Meet atau Zoom.

Namun, fitur beserta teknologi ini, built in dengan iPad Pro terbaru. Jika Anda berencana sekalian upgrade gawai Anda, Anda dapat memilikinya dengan merogoh kocek mulai dari USD 799 atau sekitar Rp 11,7 juta. Itupun jika Anda membeli langsung dari toko di Amerka Serikat. Kalau membeli di toko Indonesia, tentu harganya akan bertambah.
Itu juga berarti, bagi Anda yang sudah memiliki iPad Pro 2020, sayangnya, harus juga up-grade ke iPad Pro 2021 jika mau merasakan pengalaman menggunakan “Center Stage”. Pre-order dapat Anda ikuti mulai 30 April, dan barang baru ada di pekan ketiga bulan Mei.
0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like