Ragam Konten 10 YouTuber Bayaran Tertinggi di Dunia

0 Shares
0
0
0

Sapopoe – Usia 9 tahun dibayar hingga $ 29.5 Milyar atau Rp 418 Milyar selama setahun. Ialah Ryan Kaji dengan channel-nya “Ryan’s World”. Itu baru pendapatan langsung dari YouTube. Belum lagi soal efek sampingnya sebagai influencer yang diburu para agen brand atau marketing.

18 Desember 2020, Forbes merilis 10 Kreator dengan bayaran tertinggi terhitung sejak bulan Juni 2019 hingga tahun 2020. Mereka adalah orang-orang yang memang pendapatan utamanya berasal dari YouTube.

Kita cari tahu yuk, memang konten mereka apa saja sih? Siapa tau bisa membantu teman-teman mendapatkan inspirasi membuat konten. Terutama buat teman-teman yang salah satu resolusi tahun 2021-nya “Menjadi YouTuber”. 

Posisi 10, Jeffree Star

Dengan penghasilan $ 15 juta atau Rp 212, 3 Milyar. Dengan subscriber mencapai 16,9 Juta dan total views mencapai 600 juta. Bisa dibilang Jeffree ini masuk dalam kategori “Beauty Vlog”.
Konten utamanya berupa kosmetik. Kontennya sejalan dengan latar belakangnya yang berprofesi sebagai make up artist. Dengan visual yang menarik, juga komunikasi yang eksentrik dengan bumbu kontrofersi, kanal YouTube miliknya menyajikan konten lainnya.
Soal gaya hidup dirinya yang ia kemas dengan “The Jeffree Star Show”. Salah satu yang menarik ialah video “ASMR”-nya. Jika kamu membayangkan videonya berisi suara benda-benda, Jeffree memberikan makna ASMR.
Bila ASMR itu identik dengan makanan atau suara-suara benda, Jeffree dalam kontennya justru menjadikan suara dirinya sebagai ASMR. Tanpa backsound, ia membacakan atau mebahas isu-isu mengenai dirinya dengan suara yang ia rekayasa.
Namun, mayoritas masuk dalam ruang lingkup makeup. Mulai dari tutorial, review, hingga tips praktis.
Yang juga menarik, Jeffree juga menyajikan kebolehannya bernyanyi di antara list video-nya. Terdapat sembilan video musik dengan judul “Jeffree Star Music” yang terbuka untuk publik. 

Posisi 9, David Dobrik

Perolehan $ 15,5 Juta atau Rp 219, 23 Milyar, dengan total view mencapai 2,7 Milyar dan total subscriber atau pelanggan mencapai 18,7 juta. 

Semua video David di kanal utamanya “David Dobrik” berdurasi hanya 4.21 menit. Kontennya berupa ragam kegiatan bermain-main David dengan kawan-kawannya. Tidak ada video aestetic, namun kontennya terkesan natural. 

Selain kanal utama, ia juga mencantumkan kanal lainnya, “David Dobrik Too”. Durasinya sama pendek-pendek, hanya dua video yang berdurasi di atas 10 menit. Kontennya masih berupa vlog sesi bermain-mainnya David bersama kawan kawan atau teman perempuannya.

Posisi 8, Blippi 

Ia memperoleh bayaran $ 17 Juta atau Rp 240,45 Milyar, dengan total view mencapai 8,2 Milyar, dan total subscriber mencapai 11 juta.

Blippi ialah kanal YouTube berkonsep edutainment dengan segmen anak-anak. Anak-anak kita kemungkinan merupakan salah satu penyumbang view-nya, apakah sadar ataupu tidak terlalu sadar. 

Warnanya yang atraktif terlalu menggoda bagi anak-anak untuk tak men-tap-nya. Pasalnya, mulai dari warna pada tumbnail, juga isi videonya, penuh dengan warna yang mencolok. Selain itu, Stevin John juga pandai dalam membawakan acara sehingga anak bisa bertahan menontonnya.

Kontennya, mulai dari belajar warna, mengenal angka, mengenal hewan, intinya khas konten untuk anak-anak. Termasuk di dalamnya lagu untuk anak. Karena kontennya ramah anak, maka penontonnya tetap terpapar kontennya meski melalui aplikasi YouTube Kids.

Sebagai pengembangan, Blippi menyediakan varian multi bahasa. Ada bahasa Spanyol, Brazil, Jerman, Portugis, dan Arab. Tentunya, ia juga menyediakan kanal khusus yang membahas mainan.

Posisi 7, Nastya 

Total perolehan anak kelahiran Rusia ini mencapai $ 18,5 juta atau Rp 260,7 Milyar, total view mencapai 39 Milyar, dengan total subscriber mencapai 190,6 Juta. Jumlah subscriber merupakan gabungan dari 11 kanal YouTube, dengan kanal terbesar, yakni “Like Nastya” mencapai 67,3 juta subscriber.

Kontennya berisikan kegiatan bermain yang ia lakukan bersama ayahnya. Mirip dengan Fadil Jaidi lah ya kalau di Indonesia. Namun, bedanya segmen penonton Nastya anak-anak tentu dengan “warna” khas anak-anak yang super berwarna. 

Dalam kanalnya, anak-anak akan memperoleh “referensi terbaik” permainan anak, khususnya dengan warna-warna identik anak perempuan. Penonton konten Nastya akan dimanjakan dengan konten bermain dengan kostum peri, kostum ala putri disney lengkap dengan istananya, makan-makanan berbahan gula dan permen, dan juga tentunya wahana atau lokasi-lokasi permainan anak.

Jangkauan video Nastya kian luas karena diterjemahkan ke dalam tujuh bahasa lainnya. Kanal utamanya sebagian berbahasa Rusia, sebagiannya Inggris. Kemudian diterjemahkan dalam bahasa Jerman, Korea, Vietnam, Portugis, Spanyol, Arab, dan bahkan Bahasa Indonesia.

Posisi 6, Preston Arsement 

YouTuber Gaming satu ini memperoleh total bayaran $ 19 juta atau Rp 267,7 Milyar, view mencapai 3,3 Milyar, dengan total subscriber mencapai 33,4 juta.

Yang spesial dari konten Preston ialah konten Minecraft-nya. Ia bahkan memiliki satu channel yang ia khususkan mengajak para pengunjung channel-nya tuk “berjalan-jalan” di server Minecraft buatannya. Ia bahkan menerapkan tarif bagi mereka yang berminat mengunjunginya.

 

Preston juga mengembangkan kontennya yang ia bagi ke 24 kanal. Mayoritas masih seputar game, namun, ia juga menyajikan sisi lain hidupnya. Ia menampilkan permainan yang ia lakukan bersama keluarganya.

Posisi 5, Markiplier

Masih YouTuber soal game. Pria kelahiran Hawai ini mendapatkan bayaran dari YouTube sejumlah $ 19,5 Juta atau setara Rp 275, 03 Milyar, view mencapai 3,1 Milyar, dengan total jumlah subscriber mencapai 27,8 juta dan hanya satu channel.

Google mengategorikan Markiplier sebagai komentator. Ya, itu karena dia lebih pas masuk kategori komentator game daripada pemain game. Memang beberapa kontennya, ia menyajikan konten ia bermain game, namun lebih untuk me-review-nya.

Genre game-nya pun spesifik. Dia spesialis komentator game horor. Proyek terbarunya ialah video yang menampilkan seolah-olah kita dibawa oleh Markeplier dalam satu game. Kita akan merasakan sensasi terlibat di dalamnya karena video berjudul “A Heist With Markeplier” ini menggunakan sudut pandang orang pertama.

Rhett alias Rhett James McLaughlin (43) dan Link alias Charles Lincoln III (42) memulai karirnya sejak 2012 dengan kanal “Good Mytical Morning”. Mereka memperoleh total pendapatan $ 20 Juta atau Rp 282,02 Milyar, total view mencapai 1,9 Milyar, dengan total subscriber mencapai 41,8 juta. 

Konsep konten Rhett dan Link berupa Talkshow. Mayoritas obrolannya seputar makanan dan minuman. Namun, kekuatannya terletak pada personaliti keduanya dalam membawakan acara. Forbes mengategorikan ya sebagai “Nerdy Talkshow”. Menurut saya sih mirip obral-obrol ala penyiar radio.

Konten Rhett dan Link kemudian berkembang dan mereka menyebarkan kontennya ke empat Channel lainnya, yakni Good Mythical More, Mythical Kitchen, Ear Biscuits, dan Rhet and Link. Ear Biscuits ialah podcast yang dimasukan YouTube, sedangkan yang terakhir merupakan Rhett and Link versi luar studio.

Posisi 3, Dude Perfect

Kanal YouTube serba Trickshot ini memperoleh pendapatan total $ 23 Juta atau Rp 325,182 Milyar, total view 2,77 Milyar, dengan total subscriber 57,5 juta. 
Tak perlu pembahasan terlalu detail. Dude Perfect merupakan gabungan lima bersaudara, yakni Coby Cotton, Cory Cotton, Garret Hilbert, Cody Jones dan Tyler Toney yang pekerjaannya bermain melempar sasaran. 
Kini, konten kelima orang ini juga berkembang menyajikan konten permainan impian para pria yang “tak kan kunjung dewasa”, termasuk gaming.

Posisi 2, Mr Beast

Mr Beast bisa dikatakan MVP YouTube tahun 2020. Berkat meledakkan kembang api dengan total nilai mencapai $ 600.000 atau Rp 8,47 Milyar, ia sampai harus menghadap pihak berwenang karena berpotensi menggangu trafik pesawat terbang. 

Dalam waktu setahun, ia memperoleh total $ 24 Juta atau Rp 334,09 Milyar, view mencapai 3 Milyar, 60 Juta view di antaranya berkat kembang api, dengan total subscriber 47,8 Juta yang kini sudah melampaui 50 juta. 

Konten yang disajikan kebanyakan berupa permainan impian para “anak lelaki” bertubuh dewasa tentu dengan skala permainan dewasa juga. Kembang api senilai lamborghini merupakan salah satunya sebagai gambaran.

Posisi 1, Ryan Kaji

Inilah dia anak sembilan tahun dengan bayaran tertinggi dari YouTube. Mengandalkan konten dunia anak, lewat kanal “Ryan’s World” dan delapan channel lainnya, ia memperoleh total $ 29, 5 juta atau Rp 406,7 Milyar, total view mencapai 12,2 Milyar, dan total subscriber 41,7 juta.

Konten utamanya ialah revew mainan anak. Namun, seiring berkembangnya respon penonton Ryan’s World, kontennya pun berkembang. Selain review, konten edukasi anak juga vlog pribadi dan keluarga pun masuk konten Ryan yang disebar pada beberapa kanal YouTube lainnya.

Saking besarnya pengaruh Ryan, ia kini mempunyai brand mainan anak sendiri dengan merk sama dengan channel YouTube miliknya. Total mencapai sekitar 5.000 produk.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like